Istilah-Istilah Dalam Motherboard


Rabu, 27 Februari 2013

Istilah – Istilah Dalam Motherboard

Dalam postingan kali ini mang ejen mencoba menguraikan istilah – istilah yang berhubungan dengan Motherboard pada PC atau Laptop, dengan harapan agar semua lebih mengenal lagi soal Motherboard. Adapun istilah – istilah yang dapat mang ejen rangkum adalah sebagai berikut :



Chipset
Chips atau Chipset adalah merupakan potongan – potongan kecil silicon yang dibentuk sedemikian rupa dan digunakan untuk menyimpan informasi dan intruksi komputer. Setiap komponen komputer paling tidak memiliki sebuah chipset didalam nya. Chipset pada motherboard mengontrol masukan dan keluaran ( input dan out put ) yang bersifat mendasar dari komputer. Chipset pada video card mengontrol rendering dari grafik 3D dan out put dari gambar pada monitor. CPU adalah salah satu chipset paling penting. Contoh chipset motherboard, misalnya : BX, i810, i820 dan masih banyak lagi.

FSB ( Front Side Bus )
Pada microprocessor, FSB menghubungkan processor dengan memory utama. Dan juga digunakan sebagai alat komunikasi antara processor dengan komponen lainnya yang ada pada motherboard.

HSF ( Heat Sink Fan )
Sebuah komponen CPU yang dipakai untuk menyerap panas. Biasanya terbuat dari alumunium. Pemakaian Fan sebagai penyerap suhu panas ini akan membantu meningkatkan performa kinerja komputer.

IDE ( Intergarted Drive Electronics )
Sebuah type hardware interface yang berfungsi untuk menghubungkan harddisk CDROM, dan drive tape pada sebuah PC. IDE sangat populer dan banyak digunakan karena menyediakan cara yang terhitung ekonomis untuk menghubungkan komponen – komponen hardware.

IDE Controller
Salah satu fungsi yang dimiliki chipset pada motherboard, untuk mengatur komunikasi data pada harddisk, CDROM, dan sebagainya serta me-management nya.

LGA775
Adalah kepanjangan dari Land Grid Array, merupakan jenis soket yang digunakan CPU khususnya Intel, dimana pada saat ini pin berada disoket, bukan lagi pada processor. Sedangkan angka 775 menunjukan jumlah banyaknya kaki – kaki pin processor.

MicroATX
Salah sattu jenis ukuran / dimensi dari motherboard atau juga casing untuk menempatkan motherboard.

0 komentar: